Qadha dan Qadar

             Qadha dalam bahasa adalah hukum, ketetapan, perintah, kehendak, pemberitahuan, dan penciptaan dan dalam istilah qadha adalah ketentuan atau ketetapan Allah tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan makhluk sesuai dengan kehendakan Allah, meliputi baik dan buruk, hidup dan mati, dan seterusnya. 
Qadar dalam bahasa berarti kepastian, peraturan, dan ukuran, dan dalam istilah qadar adalah ketetapan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan makhluk Allah yang ada. Qadar disebut juga dengan takdir Allah yang berlaku bagi semua makhluk hidup. 

Dalam kehidupan sehari-hari kita beriman kepada qadar dan qadha, contoh qadha dan qadar dalam kehidupan adalah orang yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Contoh beriman kepada qadha dan qadar adalah menerima suatu kejadian dengan positif/baik, sabar jika terkena kejadian yang buruk, beriman dan bersyukur jika mendapatkan rezeki atau keuntungan. Dengan beriman kepada qadar dan qadha, kita bisa mendapatkan semangat, tidak iri hati kepada orang lain, memiliki keberanian, dan lain-lain. 

Qadha dan qadar adalah takdir yang sudah ditentukan oleh Allah sejak berada dalam kandungan ibunya, tidak ada makhluk hidup yang tahu apa yang ditakdirkan untuk orang dan takdirnya sudah di rencanakan dan tentukan oleh Allah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Kenaikan Kelas

Liburan Akhir Semester Satu

Resensi Buku Menulis Setiap Hari