Perumusan pancasila

                                                         Perumusan Pancasila
            Yang terlibat dalam perumusan pancasila atau kemerdekaan ada 9 orang yaitu Ir. Sukarno, Abdulkahar Muzakir, Drs. Moh. Hatta, K.H. Abdul Wachid Hasyim, Mr. Moh. Yamin, H. Agus Salim, Ahmad Subarjo,Abikusno Cokrosuryo, dan A. A. Marami.



Selain itu perumusan pancasila mulai terbentuk oleh Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang terdiri dari 63-70 orang. Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia memiliki singkatan yaitu BPUPKI. Ketua BPUPKI adalah Dr. Rajiman Wedyodiningrat.




Latar belakang tokoh yang terlibat:
1: Dr. Rajiman Wedyodiningrat: Rajiman Wedyoningrat adalah orang yang keturunan bangsawan dan lahir di Yogyakarta pada tanggal 21 April 1879. Sebelum dia terlibat dengan BPUPKI dia adalah seorang Dokter.

2: Ir. Sukarno= Ir.Sukarno dikenal sebagai bung karno dan bung Karno lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901. Ir.Sukarno adalah seorang yang sejak muda sudah membantu negara

3: Mr. Moh. Yamin= Mr.Yamin lahir di Sawahlunto pada 28 Agustus 1903 dan belajar di sekolah guru Bukittinggi dan sekolah kehakiman. Mr.Yamin pernah memasuk organisasi politik bernama Jong Sumatranen Bonddan Indonesia Muda.



4: Mr. Supomo= Supomo lahir di Sukoharjo pada tanggal 22 Januari 1903. Supomo di didik di ELS (Europeesche Lagere School)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Kenaikan Kelas

Liburan Akhir Semester Satu

Resensi Buku Menulis Setiap Hari